ADHELIA MENGHARUMKAN NAMA SEKOLAH DENGAN MERAIH JUARA TURNAMEN TENIS MEJA

Sidoarjo - Kecil - kecil cabe rawit, mungkin ini sebutan yang tepat untuk siswi yang satu ini.

SMP PGRI 9 SIDOARJO MENERIMA PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU TA 2020-2021

SMP PGRI 9 SIDOARJO membuka kesempatan bagi peserta didik baru untuk mendaftarkan diri pada PPDB Tahun ajaran 2020 - 2021.

Rutin Baca Yasin Bersama Setiap Jum’at

Sidoarjo - Sebelum memulai pelajaran para peserta didik SMP PGRI 9 Sidoarjo dihimbau untuk membaca surat yasin bersama setiap jum’at pagi.

VIDEO...!!! PERTANDINGAN NINEDA vs PETRA

SIDOARJO - Tim Basket NINEDA melakukan pertandingan yang cukup sengit melawan tim Basket PETRA

Tim Ethnic Band dan Tim Karate Siap Meriahkan Try Out Mandiri 2020

SMP PGRI 9 Sidoarjo akan mengadakan Try Out Mandiri 2020 untuk SD / MI se-kabupaten Sidoarjo.

SMP PGRI 9 Sidoarjo dalam Pelatihan Jurnalistik



SMP PGRI 9 Sidoarjo dalam Pelatihan Jurnalistik


Sidoarjo - SMP PGRI 9 Sidoarjo dibuat bangga mengikuti acara Pelatihan Jurnalistik Peserta Didik Tahap II karena SMP PGRI 9 Sidoarjo merupakan salah satu finalis yang berhasil lolos dari Tahap I menuju Tahap II. Acara ini terlaksana di Aula SMP Negeri 4 Sidoarjo pada tanggal 26-27 April 2016 dan dalam acara tersebut juga diikuti oleh 50 Finalis perwakilan Sekolah terdiri dari SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA yang Lolos di Pelatihan Tahap I. Dalam acara tersebut turut hadir Bapak Prof. Bambang Yulianto dari Unesa Surabaya dalam acara pembukaan Pelatihan Jurnalistik Peserta Didik Tahap II. Dalam pelatihan tersebut SMP PGRI 9 Sidoarjo diharuskan mengirimkan perwakilan 4 Siswa dan 1 Guru Pendamping. Acara tersebut merupakan salah satu tantangan bagi peserta dari SMP PGRI 9 Sidoarjo pasalnya mereka diharuskan membuat sebuah berita yang orsinil atau belum dipublikasikan. Tujuan diadakannya Pelatihan Jurnalistik Peserta Didik Tahap I dan II untuk meningkatkan budaya literitas membaca dan menulis karena dengan terlaksananya pelatihan ini merupakan sebuah awal dalam pembentukan dan pembinaan karakter generasi muda agar semakin baik dan dapat bersaing di masa depan.(aks)

Tim Robotika dalam Lomba IARC 2016



Tim Robotika dalam Lomba IARC 2016


Sidoarjo - Jumat(08/04/2016) Tim Robotika SMP PGRI 9 Sidoarjo mengikuti lomba IARC 2016 (Industrial Automation and Robotic Competition 2016). Lomba IARC 2016 ini terlaksana pada tanggal 08 s/d 10 April 2016 di Universitas 10 November Surabaya dengan cabang perlombaannya meliputi KTI(Karya Tulis Ilmiah), PLC Programming, LEGO NXT, Smart Robotic, LTA dan LTM. Antusias peserta dari SMP PGRI 9 Sidoarjo yakni Sijiro I (M.Adit Dwiky dan Ibrahim Muhammad) dan Sijiro II (Ahmad Fadhil dan M. Gusti F.) sangat tinggi sebab peserta IARC 2016 bukan hanya dari Jawa Timur saja melainkan Se-Jawa Bali. Dalam perlombaan ini Sijiro I dan Sijiro II di tuntut untuk membuat
Robot Line Tracer Analog berpacu dengan waktu, selain dengan hal tersebut pembuatan Line Tracer Analog ini harus mengandung aspek penilaian seperti desain robot, programming, kemampuan robot dalam melaksanakan tugasnya. Lomba IARC ini sangatnya menjadi tolak ukur bagi tim robotika SMP PGRI 9 Sidoarjo sebab tim Sijiro I 
dan Sijiro II mampu menunjukkan hasil keras sehingga dapat meraih kejuaraan yakni Juara 3 Umum. Ini adalah sebuah awal bagi tim robotika sebab dengan mendapatkan juara ini maka mereka harus belajar lebih giat lagi agar dapat mempertahankan kejuaraan mereka di lomba-lomba selanjutnya.(aks)

Data Fisik Sekolah



SMP PGRI 9 SIDOARJO

Provinsi 
: Prop. Jawa Timur
Kab/Kota
: Kab. Sidoarjo
A. Identitas Sekolah 
Nama Sekolah
: SMP PGRI 9 SIDOARJO
NPSN / NSS
: 20540024 / 204050201118 
Jenjang Pendidikan
: SMP 
Status Sekolah
: Swasta
B. Lokasi Sekolah 
Alamat
: Sidoarjo
RT/RW
: 0/0
Nama Dusun
Desa/Kelurahan
: Jati
Kode pos
: 61261
Kecamatan
: Kec. Sidoarjo
Lintang/Bujur
: -7.4465000/112.6915000
C. Data Pelengkap Sekolah 
Kebutuhan Khusus
: -
SK Pendirian Sekolah
: 1308/I04.7.4/1984/PM
Tgl SK Pendirian
: 1984-11-01
Status Kepemilikan
: Yayasan
SK Izin Operasional
: 421.3/2493/404.3.1/2007
Tgl SK Izin Operasional
: 2012-07-31
SK Akreditasi
Tgl SK Akreditasi
: 2015-01-01
MBS
: Ya
Luas Tanah Milik
: 23381 m2
D. Kontak Sekolah 
Nomor Telepon
: 031 - 805063 / 8054998
Nomor Fax
: -
Email
: adm.smppgri9sda@gmail.com
Website
: http://www.smppgri9sda.sch.id
Sertifikasi ISO
: 9001:2000

Rutin Baca Yasin Bersama Setiap Jum’at

Rutin Baca Yasin Bersama Setiap Jum’at


           Sidoarjo - Sebelum memulai pelajaran para peserta didik SMP PGRI 9 Sidoarjo dihimbau untuk membaca surat yasin bersama setiap jum’at pagi. Pembacaan surat yasin ini dipimpin oleh para guru SMP PGRI 9 Sidoarjo yang dibacakan secara bergilir. Pembacaan surat yasin ini diikuti oleh semua peserta didik SMP PGRI 9 Sidoarjo yang beragama islam, bagi yang non muslim dihimbau untuk membaca doa sesuai dengan keyakinan masing-masing pembacaan surat yasin ini dimulai pukul 07.00 - 07.30 wib secara rutin setiap jum’at pagi . Tujuan membaca surat yasin bersama-sama ini adalah untuk meningkatkan ketaqwaan dan keimanan seluruh warga sekolah yang beragama islam. Para peserta didik diberi anjungan agama agar ketika lulus dari SMP PGRI 9 Sidoarjo menjadi pribadi yang sholeh dan sholeha. Menurut Bapak kepala sekolah SMP PGRI 9 Sidoarjo “kegiatan pembacaan surat yasin bersama ini termasuk juga kegiatan yang fundamental dalam character building” ujar Bapak Kepala sekolah. SMP PGRI 9 Sidoarjo menerapkan point-point penting dalam tertib beragama. Pembacaan surat yasin juga diriwayatkan oleh al-Baihaqi sebagai berikut Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Siapa yang membaca surat Yasin dengan tulus ikhlas karena Allah Ta’ala, maka diampuni baginya dosa-dosa yang telah lalu. Maka bacakanlah pada orang-orang yang akan mati (atau orang yang telah mati).”(Hadits riwayat al-Baihaqi). Berikut beberapa fadhilah dari membaca surat yasin: dibacakan pada orang sakaratul maut maka akan memepermudah keluarnya ruh, membaca Surah Yasin sama dengan membaca Alqur’an 10 kali, dapat memberi syafaat bagi pembacanya, dimudahkan hajatnya, meringankan siksa kubur, menolak kejahatan, di baca pada malam jum’at mendapatkan ampunan, jika belum menikah akan dapat jodoh, jika ketakutan Allah akan menghilangkan rasa takutnya itu, orang tersesat akan mendapat jalan lagi, orang haus akan hilang hausnya, orang sakit akan hilang sakitnya.(gby.hlz)