ADHELIA MENGHARUMKAN NAMA SEKOLAH DENGAN MERAIH JUARA TURNAMEN TENIS MEJA

Sidoarjo - Kecil - kecil cabe rawit, mungkin ini sebutan yang tepat untuk siswi yang satu ini.

SMP PGRI 9 SIDOARJO MENERIMA PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU TA 2020-2021

SMP PGRI 9 SIDOARJO membuka kesempatan bagi peserta didik baru untuk mendaftarkan diri pada PPDB Tahun ajaran 2020 - 2021.

Rutin Baca Yasin Bersama Setiap Jum’at

Sidoarjo - Sebelum memulai pelajaran para peserta didik SMP PGRI 9 Sidoarjo dihimbau untuk membaca surat yasin bersama setiap jum’at pagi.

VIDEO...!!! PERTANDINGAN NINEDA vs PETRA

SIDOARJO - Tim Basket NINEDA melakukan pertandingan yang cukup sengit melawan tim Basket PETRA

Tim Ethnic Band dan Tim Karate Siap Meriahkan Try Out Mandiri 2020

SMP PGRI 9 Sidoarjo akan mengadakan Try Out Mandiri 2020 untuk SD / MI se-kabupaten Sidoarjo.

Perpustakaan


Perpustakaan adalah Salah Satu Fasilitas yang dimiliki oleh SMP PGRI 9 Sidoarjo. Dalam Perpustakaan ini terdapat berbagai macam jenis buku baik Buku Paket, Buku Novel, Buku Cerita Rakyat dan lain-lain.
Didalam Perpustakaan juga terdapat Fasilitas seperti Area Study Corel, Area Baca, Meja Sirkulasi dan lain sebagainya.

Visi Perpustakaan SMP PGRI 9 Sidoarjo

“Berperan Serta Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan”

Misi Perpustakaan SMP PGRI 9 Sidoarjo

- Menciptakan gemar membaca di kalangan guru, siswa dan karyawan.
- Menyediakan bahan informasi untuk mendukung proses belajar mengajar.

Info lebih Lanjut Kunjungi Facebook kami di Perpustakaan PgriSembilan Sidoarjo

Sejarah Pendirian


 
               SMP PGRI 9 Sidoarjo berdiri sejak tahun 1983 merupakan salah satu sekoilah swasta yang di kenal di masyarakat sidoarjo. Dengan perkembangan dan mutu pendidikan yang baik SMP PGRI 9 Sidoarjo semakin menjadi peran penting untu diperhitungkan serta di percaya peran sertanya dalam masyarakat luas,baik di kabupaten Sidoarjo maupun luar kabupaten sidoarjo. SMP PGRI 9 Sidoarjo berlokasi di jl. Jati selatan IV/16 Sidoarjo,merupakan lokasi yang sangat strategis di pusat kota Sidoarjo sehingga menjadikan SMP PGRI 9 Sidoarjo mudah dijangkau oleh masyarakat luas. penyediaan 2 gedung belajar dan berlantai 2 menciptakan tempat belajar yang optimal belajar di pagi hari. Ruang belajar di lengkapi dengan AC, LCD ,bangku belajar di diesain secara khusus dan free Wifi. Dengan penyediaan fasilitas sebagai sarana prasarana yang meliputi : Laboratorium IPA,Laboratorium Komputer,Mushola,Lapangan Olah Raga serta layanan Bimbingan Konseling untuk membantu,menunjang perkembangan pendidikan,sikap dan prilaku anak didik. Penyediaan Ruang Guru, Ruang Tata Usaha, Ruang BK, Ruang UKS, Ruang OSIS dan Ruang kelas yang berada di 2 gedung untuk mempermudah komunikasi dan interaksi antar siswa dan guru. Dalam pelayanan pendidikan SMP PGRI 9 Sidoarjo disamping memberikan layanan akademik juga pembekalan spiritual dan mental melalui pembiasaan doa bersama di awal dan di akhir proses pembelajaran, membaca surat yashin pada tiap hari jum'at sebelum pembelajaran dimulai, pembiasaan mengucap salam dan bersalaman sehingga menjadikan siswa yang berprestasi dan berbudi pekerti luhur.
         Layanan pendidikan ekstra kurikuler dalam rangka memberikan nilai tambah pengetahuan dan ketrampilan pada peserta didik sehingga bisa dijadikan bekal di jenjang penididikan lebih lanjut, kegiatan ekstra kurikuler meliputi : Dancer, Sablon dan Batik, Tata Boga, Robotika, Pramuka, Sepak Bola, Futsal,Volly,Basket, Renang, Karate,BTQ dan Al Banjari. Dari rangkaian kegiatan tersebut menghasilkan kelulusan 100 % dan banyak yang di terima di SMA/SMK NEGERI baik di Sidoarjo maupun di Kota lain,oleh karena itu kami menghimbau kepada segenap lapisan masyarakat Sidoarjo di dalam memilih Lembaga Pndidikan bagi putra putrinya hendaknya jangan tergiur oleh popularitas Lembaganya saja melainkan perlu untuk dicermati dan diperhatikan,apakah lembaga tersebut memlilki layanan yang baik dan peduli pada perkembangan anak didik serta keseimbangan dengan biaya atau tidak. Sudah barang tentu yang kita harapkan adalah sekoilah yang mampu memberikan layanan yang baik,perhatian akan perkembangan anak didik mulai dari akademik sampai non akademik serta biaya yang terjangkau sesuai dengan fasilitas yang ada. Dari beberapa pemaparan yang ada,maka segeralah bergabung bersama SMP PGRI 9 Sidoarjo terakreditasi “A” yang insya’alloh akan dapat mengantarkan putra putri Bapak sukses dalam pendidikannya, berakhlakul karimah dan berbudi pekerti luhur  yang nantinya berguna bagi Agama, Nusa dan Bangsa.




Struktur Organisasi


Kalender Pendidikan

Awal Tahun pelajaran 2016-2017 semakin dekat, yaitu pada 18 Juli 2016. Guna mendukung kelancaran dalam proses pendidikan di tahun pelajaran 2016-2017 tersebut khususnya bagi para pendidik/guru diperlukan media acuan yang berupa kalender pendidikan 2016-2017.


Dalam kalender pendidikan tersebut telah disertakan keterangan atau tanggal hari penting pendidikan seperti : Libur Hari Besar (LHB), Libur Umum (LU), Libur Semester 1 (LS1), Libur Semester 2 (LS2), Libur Permulaan Puasa (LPP) dan lainnya.
Tentunya dengan adanya Acuan yang terdapat pada kalender pendidikan 2015-2016 tersebut, yang memudahkan para guru untuk membuat perangkat pembelajaran seperti Prota, Promes, dan Perangkat pembelajaran yang lainnya.

Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2016-2017 Provinsi Jawa Timur ini nantinya dapat digunankan oleh TK/RA/BATKLB, SD/MI/SDLB, SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB/SMK dan Sederajat baik lembaga Negeri maupun Swasta.

Baca Tulis Al Qur'an (BTQ)



Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tullis Al Qur’an (BTQ) adalah sebuah kegiatan membaca Al Qur’an dengan tartil, artinya jelas, racak dan teratur, sedang menurut istilah ahli qiro`at ialah membaca Al Qur`an dengan pelan-pelan dan tenang, beserta dengan memikirkan arti-arti Al Qur`an yang sedang dibaca, semua hukum tajwid dan waqof terjaga dengan baik dan benar / terpelihara dengan sempurna.
Tartil didalam membaca Al Qur`an terbagi menjadi tiga macam yaitu: Tahqiq (pelan), Hader (Cepat) dan Tadwir (Keduanya), untuk Ekstrakurikuler Baca Tartil Al Qur’an di SMP PGRI 9 Sidoarjo menggunakan Tartil Tahqiq, ialah membaca Al Qur`an dengan pelan-pelan, tenang, perlahan-lahan dan memikirkan arti-artinya serta semua hukum tajwid terpelihara dengan baik, atau hak ( makhroj dan sifat ) semua huruf terbaca dengan terang dan jelas.



Info lebih lanjut silakan hubungi Pak Supi'in, S. Ag

Musik


Salah Satu Kegiatan ekstrakulikuler di SMP PGRI 9 Sidoarjo. Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama [1] Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni. Mendengar musik pula adalah sejenis hiburan. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik.

Story Telling



Salah Satu Kegiatan ekstrakulikuler di SMP PGRI 9 Sidoarjo. Storytelling adalah cara yang dilakukan untuk menyampaikan suatu cerita kepada para penyimak, baik dalam bentuk kata-kata, gambar,foto, maupun suara.
Storytelling sering digunakan dalam proses belajar mengajar utamanya pada tingkat pemula atau anak-anak. Teknik ini bermanfaat melatih kemampuan mendengar secara menyenangkan.


Orang yang ingin menyampaikan storytelling harus mempunyai kemampuan public speaking yang baik, memahami karakter pendengar, meniru suara-suara, pintar mengatur nada dan intonasi serta keterampilan memakai alat bantu. Dikatakan berhasil menggunakan teknik storytelling, jika pendengar mampu menangkap jalan cerita serta merasa terhibur. Selain itu, pesan moral dalam cerita juga diperoleh.

Renang

Salah Satu Kegiatan ekstrakulikuler di SMP PGRI 9 Sidoarjo. Berenang adalah gerakan sewaktu bergerak di air. Berenang biasanya dilakukan tanpa perlengkapan buatan. Kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk rekreasi dan olahraga. Berenang dipakai sewaktu bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya di air, mencari ikan, mandi, atau melakukan olahraga air.

Berenang untuk keperluan rekreasi dan kompetisi dilakukan di kolam renang. Manusia juga berenang di sungaidanau, dan lautsebagai bentuk rekreasi. Olahraga renang membuat tubuh sehat karena hampir semua otot tubuh dipakai sewaktu berenang.

Sablon


Salah Satu Kegiatan ekstrakulikuler di SMP PGRI 9 Sidoarjo. Sablon adalah salah satu teknik proses cetak yang menggunakan layar (screen) dengan kerapatan tertentu dan umumnya barbahan dasar Nylon atau sutra (silk screen). Layar ini kemudian diberi pola yang berasal dari negatif desain yang dibuat sebelumnya di kertas hvs atau kalkir. Kain ini direntangkan dengan kuat agar menghasilkan layar dan hasil cetakan yang datar. Setelah diberi fotoresis dan disinari, maka harus disiram air agar pola terlihat lalu akan terbentuk bagian-bagian yang bisa dilalui tinta dan tidak.

Proses pengerjaannya adalah dengan menuangkan tinta di atas layar dan kemudian disapu menggunakan palet atau rakel yang terbuat dari karet. Satu layar digunakan untuk satu warna. Sedangkan untuk membuat beberapa warna dalam satu desain harus menggunakan suatu alat agar presisi. Sablon ini sering disebut Cetak saring. Biasanya digunakan untuk mencetak gambar di dimensi datar seperti kain.

Info lebih lanjut silakan hubungi Pak Wiwit

Basket

Salah Satu Kegiatan ekstrakulikuler di SMP PGRI 9 Sidoarjo. Bola basket adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan. Bola basket sangat cocok untuk ditonton karena biasa dimainkan di ruang olahraga tertutup dan hanya memerlukan lapangan yang relatif kecil. Selain itu, permainan bola basket juga lebih kompetitif karena tempo permainan cenderung lebih cepat jika dibandingkan dengan olahraga bola yang lain, seperti voli dan sepak bola. Ada 3 posisi utama dalam bermain basket, yaitu : 1) Forward, pemain yang tugas utamanya adalah mencetak poin dengan memasukkan bola ke keranjang lawan, 2) Defense, pemain yang tugas utamanya adalah menjaga pemain lawan agar pemain lawan kesulitan memasukkan bola, dan 3) Playmaker, pemain yang menjadi tokoh kunci permainan dengan mengatur alur bola dan strategi yang dimainkan oleh rekan-rekan setimnya.

Bola basket adalah salah satu olahraga yang paling digemari oleh penduduk Amerika Serikat dan penduduk di belahan bumi lainnya, antara lain di Amerika SelatanEropa SelatanLithuania, dan juga di Indonesia. Banyak kompetisi bola basket yang diselenggarakan setiap tahun, seperti British Basketball League (BBL) di Inggris, National Basketball Association (NBA) di Amerika, dan National Basketball League (NBL) di Indonesia.

<> Tim Bola Basket Putra


 <> Tim Basket Putri


Futsal

Salah Satu Kegiatan ekstrakulikuler di SMP PGRI 9 Sidoarjo. Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki. Selain lima pemain utama, setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan. Tidak seperti permainan sepak bola dalam ruangan lainnya, lapangan futsal dibatasi garis, bukan net atau papan.

Sepak Bola

Salah Satu Kegiatan ekstrakulikuler di SMP PGRI 9 Sidoarjo. Sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola yang umumnya terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan. Memasuki abad ke-21, olahraga ini telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara, yang menjadikannya olahraga paling populer di dunia. Sepak bola bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan menggunakan bola ke gawang lawan. Sepak bola dimainkan dalam lapangan terbuka yang berbentuk persegi panjang, di atas rumput atau rumput sintetis.

Secara umum, hanya penjaga gawang saja yang berhak menyentuh bola dengan tangan atau lengan di dalam daerah gawangnya, sedangkan 10 (sepuluh) pemain lainnya diijinkan menggunakan seluruh tubuhnya selain tangan, biasanya dengan kaki untuk menendang, dada untuk mengontrol, dan kepala untuk menyundul bola. Tim yang mencetak gol paling banyak pada akhir pertandingan adalah pemenangnya. Jika hingga waktu berakhir masih berakhir imbang, maka dapat dilakukan undian,perpanjangan waktu maupun adu penalti, bergantung pada format penyelenggaraan kejuaraan. Dari sebuah pertandingan resmi, 3 poin diberikan kepada tim pemenang, 0 poin untuk tim yang kalah dan masing-masing 1 poin untuk dua tim yang bermain imbang.

Tata Boga

       

      Program ketrampilan ini dapat diikuti oleh seluruh siswa/siswi SMP PGRI 9 Sidoarjo, sesuai dengan bakat dan minat yang dimilikinya. Maka perlu adanya perhatian khusus terhadap pendidikan ketrampilan, salah satu programnya yaitu kegiatan ekstrakurikuler di bidang Tata Boga.
    Kegiatan Ekstrakurikuler pilihan Tata boga merupakan salah kegiatan ekstra yang berusaha mengembangkan pendididikan ketrampilan guna membangun kompetensi dan keunggulan siswa / siswi di bidang Wirausaha. Kegiatan ekstrakurikuler Tata Boga adalah kegiatan Pembinaan ketrampilan melalui berbagai resep masakan, kue, minuman dan lain sebagainya yang kemudian dipraktekan sehingga siswa/siswi benar-benar memilki ketrampilan dan keahlian membuat masakan. 
       Ekstra tata boga diajar oleh Ibu Dra. Endang Susmiati dan di ikuti oleh siswa /siswi kelas VII & VIII. Ekstra ini tidak diwajibkan untuk semua siswa/ siswi  dan kebanyakkan yang mengikuti ekstra ini siswi yang berminat saja.

Dance



Salah Satu Kegiatan ekstrakulikuler di SMP PGRI 9 Sidoarjo. Dance adalah bentuk seni pertunjukan yang terdiri dari urutan sengaja dipilih dari gerakan manusia . Gerakan ini memiliki nilai estetika dan simbolis , dan diakui sebagai tarian oleh pemain dan pengamat dalam budaya tertentu . Dance dapat dikategorikan dan dijelaskan oleh koreografi , yaitu dengan repertoar yang gerakan , atau dengan periode atau tempat historisnya asal.


Perbedaan penting yang harus ditarik antara konteks tari teater dan partisipatif , meskipun dua kategori ini tidak selalu benar-benar terpisah ; keduanya mungkin memiliki fungsi khusus , apakah sosial , seremonial , kompetitif , erotis , bela diri , atau suci / liturgi . Lainnya disiplin gerakan manusia kadang-kadang dikatakan memiliki kualitas tari - seperti , termasuk seni bela diri , senam , figure skating , berenang disinkronkan dan banyak bentuk lain dari atletik .

Robotika




Salah Satu Kegiatan ekstrakulikuler di SMP PGRI 9 Sidoarjo. Robotika adalah satu cabang teknologi yang berhubungan dengan desain, konstruksi, operasi, disposisi struktural, pembuatan, dan aplikasi dari robot.[1] Robotika terkait dengan ilmu pengetahuan bidang elektronikamesinmekanika, dan perangkat lunak komputer.[2]
Bahan dan alat yang dipersiapkan untuk membuat robot tersebut cukup gampang seperti PCB polos, plat besi, mur, baut, gear, dan mainan mobil-mobilan sedangkan alat-alat sudah disediakan di Lab seperti obeng, bor dll. Membuat robot memang membutuhkan ketelitian dan kesabaran ekstra siswa.

Pemikiran tentang pembuatan mesin yang dapat bekerja sendiri telah ada sejak Era Klasik, namun riset mengenai penggunaannya tidak berkembang secara berarti sampai abad ke-20 [3] . Kini, banyak robot melakukan pekerjaan yang berbahaya bagi manusia seperti menjinakkan bom, menjelajahi kapal karam, dan pertambangan.


Karate




Salah Satu Kegiatan ekstrakulikuler di SMP PGRI 9 Sidoarjo. Karate ( ) adalah seni bela diri yang berasal dari Jepang. Seni bela diri ini sedikit dipengaruhi oleh Seni bela diri Cina kenpō. Karate dibawa masuk ke Jepang lewat Okinawa dan mulai berkembang di Ryukyu Islands. Seni bela diri ini pertama kali disebut "Tote” yang berarti seperti “Tangan China”. Ketika karate masuk ke Jepang, nasionalisme Jepang pada saat itu sedang tinggi-tingginya, sehingga Sensei Gichin Funakoshi mengubah kanji Okinawa (Tote: Tangan China) dalam kanji Jepang menjadi ‘karate’ (Tangan Kosong) agar lebih mudah diterima oleh masyarakat Jepang. Karate terdiri dari atas dua kanji. Yang pertama adalah ‘Kara’ 空 dan berarti ‘kosong’. Dan yang kedua, ‘te’ 手, berarti ‘tangan'. Yang dua kanji bersama artinya “tangan kosong” 空手 (pinyinkongshou).
Menurut Zen-Nippon Karatedo Renmei/Japan Karatedo Federation (JKF) dan World Karatedo Federation (WKF), yang dianggap sebagai gaya karate yang utama yaitu:
1.     Shotokan
2.     Goju-Ryu
3.     Shito-Ryu
4.     Wado-Ryu
Keempat aliran tersebut diakui sebagai gaya Karate yang utama karena turut serta dalam pembentukan JKF dan WKF.
Namun gaya karate yang terkemuka di dunia bukan hanya empat gaya di atas itu saja. Beberapa aliran besar seperti Kyokushin ,Shorin-ryu dan Uechi-ryu tersebar luas ke berbagai negara di dunia dan dikenal sebagai aliran Karate yang termasyhur, walaupun tidak termasuk dalam "4 besar WKF".
Di negara Jepang, organisasi yang mewadahi olahraga Karate seluruh Jepang adalah JKF. Adapun organisasi yang mewadahi Karate seluruh dunia adalah WKF (dulu dikenal dengan nama WUKO - World Union of Karatedo Organizations). Ada pula ITKF (International Traditional Karate Federation) yang mewadahi karate tradisional. Adapun fungsi dari JKF dan WKF adalah terutama untuk meneguhkan Karate yang bersifat "tanpa kontak langsung", berbeda dengan aliran Kyokushin atau Daidojuku yang "kontak langsung".
Latihan dasar karate terbagi tiga seperti berikut:
1.     Kihon
2.     Kata, yaitu latihan jurus atau bunga karate.
3.     Kumite, yaitu latihan tanding atau sparring.

Pada zaman sekarang karate juga dapat dibagi menjadi aliran tradisional dan aliran olah raga. Aliran tradisional lebih menekankan aspek bela diri dan teknik tempur sementara aliran olah raga lebih menumpukan teknik-teknik untuk pertandingan olah raga.

Info lebih lanjut silakan hubungi Pak Suroso

Pramuka





Salah Satu Kegiatan ekstrakulikuler di SMP PGRI 9 Sidoarjo. Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia. Salah Satu Kegiatan ekstrakulikuler di SMP PGRI 9 Sidoarjo.Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia.
Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikankepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata "Pramuka" merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya.
Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang (11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun). Kelompok anggota yang lain yaitu Pembina Pramuka, Andalan Pramuka, Korps Pelatih Pramuka, Pamong Saka Pramuka, Staf Kwartir dan Majelis Pembimbing.

Info lebih lanjut silakan hubungi Kak Akhsan / Kak Tolib atau kunjungi Website Pramuka di www.scoutgrineda.blogspot.co.id